Coldplay adalah sebuah band rock alternatif asal Britania Raya yang dibentuk di London pada tahun 1996. Band ini terdiri dari empat anggota, yaitu Chris Martin sebagai vokalis dan pemain piano, Jonny Buckland sebagai gitaris utama, Guy Berryman sebagai bassis, dan Will Champion sebagai drummer. Coldplay pertama kali terbentuk ketika Chris Martin dan Jonny Buckland bertemu di University College London pada tahun 1996. Mereka kemudian membentuk sebuah band dengan nama “Starfish” dan mulai tampil di berbagai klub kecil di London. Pada tahun 1997, Guy Berryman bergabung sebagai bassis dan Will Champion bergabung sebagai drummer, sehingga nama band mereka diubah menjadi “Coldplay”.

Pada tahun 2000, Coldplay merilis album debut mereka yang berjudul “Parachutes”. Album ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari kritikus musik dan mendapat pengakuan di kalangan penggemar musik alternatif. Singel pertama mereka, “Yellow”, menjadi hit di Inggris dan membantu memperkenalkan Coldplay kepada khalayak yang lebih luas.Kesuksesan Coldplay semakin bertambah dengan rilis album-album berikutnya. Album kedua mereka, “A Rush of Blood to the Head” (2002), memenangkan beberapa penghargaan Grammy dan mendapat ulasan yang sangat positif. Album ini juga menghasilkan singel-singel populer seperti “In My Place” dan “The Scientist”.

Album-album selanjutnya, seperti “X&Y” (2005), “Viva la Vida or Death and All His Friends” (2008), dan “Mylo Xyloto” (2011), juga sukses secara komersial dan kritis. Lagu-lagu seperti “Speed of Sound”, “Viva la Vida”, dan “Paradise” menjadi hits di seluruh dunia.Coldplay terus mengembangkan gaya musik mereka dari album ke album, mencoba berbagai eksperimen dengan suara dan genre musik yang berbeda. Mereka juga dikenal dengan penampilan panggung yang spektakuler dan produksi konser yang mengesankan. Pada tahun 2015, Coldplay merilis album “A Head Full of Dreams” yang menampilkan kolaborasi dengan berbagai artis terkenal, seperti Beyonc√©, Rihanna, dan Noel Gallagher. Album ini mendapatkan sambutan yang baik dan memuncaki tangga lagu di berbagai negara.Selain kesuksesan di dunia musik, Coldplay juga terlibat dalam berbagai kegiatan filantropi. Mereka mendukung berbagai organisasi amal dan sering kali mengadakan konser amal untuk mengumpulkan dana bagi penyebab yang mereka dukung.Perjalanan Coldplay sebagai band terus berlanjut, dengan rilis album-album baru dan tur konser di seluruh dunia. Mereka tetap menjadi salah satu band paling populer dan dihormati di dunia musik rock alternatif, dengan jutaan penggemar di seluruh dunia.

Setelah merilis album “A Head Full of Dreams” pada tahun 2015, Coldplay memutuskan untuk mengambil jeda sejenak dari aktivitas rekaman. Mereka fokus pada tur konser dan penampilan langsung, termasuk penampilan mereka di acara-acara besar seperti Super Bowl 50 pada tahun 2016. Pada tahun 2017, Coldplay kembali dengan album studio ke-8 mereka yang berjudul “Kaleidoscope EP”. EP ini berisi lima lagu, termasuk singel “Something Just Like This” yang merupakan kolaborasi dengan The Chainsmokers. Meskipun bukan album penuh, “Kaleidoscope EP” tetap mendapatkan sambutan yang baik dari penggemar dan kritikus.

Pada tahun 2019, Coldplay merilis album studio berjudul “Everyday Life”. Album ini menampilkan gaya yang lebih eksperimental dan mencakup berbagai genre musik, termasuk elemen-elemen musik dunia. Mereka menampilkan lagu-lagu dengan lirik yang reflektif dan tema-tema sosial yang kuat. Album ini mendapat pujian dari kritikus dan menjadi sukses komersial.Selain eksplorasi musikalitas, Coldplay juga terus berperan sebagai band yang peduli akan isu-isu lingkungan dan sosial. Mereka secara aktif mendukung kampanye-kampanye untuk keadilan sosial, perdamaian dunia, dan keberlanjutan lingkungan. Mereka juga mendirikan yayasan amal bernama “Coldplay’s Global Citizen” yang berfokus pada mengatasi masalah kemiskinan global.Pada tahun 2020, Coldplay mengumumkan bahwa mereka akan merilis album berikutnya yang berjudul “Music of the Spheres”. Album ini dijadwalkan rilis pada tahun 2021. Mereka juga melakukan tur dunia yang akan dimulai setelah pandemi COVID-19 berakhir.

Perjalanan Coldplay sebagai band terus menunjukkan inovasi dan eksperimen dalam musik mereka. Mereka telah menciptakan beberapa lagu paling ikonik dalam sejarah musik alternatif dan terus menginspirasi jutaan penggemar di seluruh dunia. Dengan kehadiran mereka yang kuat di panggung musik internasional, Coldplay terus menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu band paling berpengaruh dan sukses dari generasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *